Sabtu, 12 Maret 2011

Jadilah Lelaki Pertama Di Hatinya

Bijairumi mengatakan, “Menikahi bikr atau gadis itu memiliki tiga manfaat sebagai berikut:

إحداها أن تحب الزوج الاول وتألفه، والطباع مجبولة على الانس بأول مأولف، وأما التي مارست الرجال فربما لا ترضى ببعض الاوصاف التي تخالف ما ألفته فتكره الزوج الثاني.

Pertama, dia akan mencintai dan akrab dengan suaminya yang pertama. Manusia memiliki karakter untuk merasa nyaman dengan hal pertama kali yang dia kenal. Sedangkan wanita yang telah berpengalaman dengan banyak laki-laki maka boleh jadi dia tidak suka dengan sebuah sifat atau perilaku yang berbeda dengan perilaku yang telah biasa dia terima akhirnya dia kurang suka dengan suami yang pertama.

الفائدة الثانية أن ذلك أكمل في مودته لها.

Kedua, memiliki istri gadis untuk menjadi sebab suami memiliki cinta yang lebih sempurna kepadanya

الثالثة: لا تحن إلا للزوج الاول.

Ketiga, seorang gadis tidak akan kangen dan terkenang kecuali kepada pasangan yang pertama.

ولبعضهم: نقل فؤادك حيث شئت من الهوى # ما الحب إلا للحبيب الاول

Seorang penyair mengatakan,
Tambatkan hatimu pada siapa saja yang kau sukai
Tidaklah cinta kecuali pada lelaki pertama yang kau cintai

كم منزل في الارض يألفه الفتى # وحنينه أبدا لاول منزل ؟ اه.

Betapa banyak tempat yang pernah disinggahi
Rasa kangen hanyalah pada tempat yang pertama kali”. Sekian kutipan dari perkataan al Baijuri. ”
[Hasyiyah I’anah al Thalibin juz 3 hal 271, karya Sayyid Muhammad Syatho cetakan al Haramain]

Jika kita bawa penjelasan di atas kepada realita sekeliling kita, bisa kita simpulkan bahwa bikr atau gadis yang dimaksudkan oleh para ulama sebagai wanita yang dianjurkan untuk dinikahi bukanlah sembarang gadis alias asalkan masih perawan namun gadis yang belum pernah tersentuh atau terjamah laki-laki dengan bahasa lain belum pernah jatuh ke dalam dekapan laki-laki yang pernah menempati ruangan khusus dalam hatinya. Itulah -meminjam istilah dari Abu Muhammad al Ashri-gadis “culun” yang belum pernah mengenal pacar dan pacaran apalagi malah pernah menjadi playgirl. Sungguh beruntung laki-laki yang mendapatkannya.

Artikel www.ustadzaris.com
Selengkapnya...

Jumat, 11 Maret 2011

Part 5

Penggunaan Module

Module Module1
'Public Variabel
Public nama As String, Hasil, b, h, c, Ganjil, Genap As Integer
Sub tampilnama()
nama = "Alfaqir"
End Sub
Sub hitung()
Hasil = Val(b) * Val(h)
End Sub
Sub pilih(ByVal lb1 As ListBox, ByVal lb2 As ListBox)
For i = 1 To Val(c)
If i Mod 2 = 0 Then
lb2.Items.Add(i)
ElseIf i Mod 2 = 1 Then
lb1.Items.Add(i)
End If
Next
End Sub
End Module


Form 1


Public Class Form1

Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
h = TextBox1.Text
b = TextBox2.Text
Call hitung()
TextBox3.Text = Hasil
End Sub
Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
Call tampilnama()
TextBox4.Text = nama
End Sub
End Class


Form 2 (Menampilkan Bilangan Ganjil & Genap)

Public Class Form2
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
ListBox1.Items.Clear()
ListBox2.Items.Clear()
c = TextBox1.Text
Call pilih(ListBox1, ListBox2)
End Sub
End Class
Selengkapnya...

Kamis, 10 Maret 2011



 Public Class Puzzle2
    Dim tampung1, tampung2 As String
    Private Sub Puzzle2_Activated(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Me.Activated
        kosong()
    End Sub

    Private Sub tukar()
        If tampung1 = Button1.Text Then
            Button1.Text = tampung2
        ElseIf tampung1 = Button2.Text Then
            Button2.Text = tampung2
        ElseIf tampung1 = Button3.Text Then
            Button3.Text = tampung2
        ElseIf tampung1 = Button4.Text Then
            Button4.Text = tampung2
        ElseIf tampung1 = Button5.Text Then
            Button5.Text = tampung2
        ElseIf tampung1 = Button6.Text Then
            Button6.Text = tampung2
        ElseIf tampung1 = Button7.Text Then
            Button7.Text = tampung2
        ElseIf tampung1 = Button8.Text Then
            Button8.Text = tampung2
        ElseIf tampung1 = Button9.Text Then
            Button9.Text = tampung2
        End If
    End Sub

    Private Sub kosong()
        tampung1 = " "
        tampung2 = " "
    End Sub
    Private Sub guna()
        Button1.Enabled = True
        Button2.Enabled = True
        Button3.Enabled = True
        Button4.Enabled = True
        Button5.Enabled = True
        Button6.Enabled = True
        Button7.Enabled = True
        Button8.Enabled = True
        Button9.Enabled = True
    End Sub

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        If tampung1 = " " Then
            tampung1 = Button1.Text
            Button1.Enabled = False
        Else
            tampung2 = Button1.Text
            tukar()
            Button1.Text = tampung1
            kosong()
            guna()
        End If
        cek()
    End Sub

    Private Sub Button2_Click(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        If tampung1 = " " Then
            tampung1 = Button2.Text
            Button2.Enabled = False
        Else
            tampung2 = Button2.Text
            tukar()
            Button2.Text = tampung1
            kosong()
            guna()
        End If
        cek()
    End Sub

    Private Sub Button3_Click(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button3.Click
        If tampung1 = " " Then
            tampung1 = Button3.Text
            Button3.Enabled = False
        Else
            tampung2 = Button3.Text
            tukar()
            Button3.Text = tampung1
            kosong()
            guna()
        End If
        cek()
    End Sub

    Private Sub Button4_Click(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button4.Click
        If tampung1 = " " Then
            tampung1 = Button4.Text
            Button4.Enabled = False
        Else
            tampung2 = Button4.Text
            tukar()
            Button4.Text = tampung1
            kosong()
            guna()
        End If
        cek()
    End Sub

    Private Sub Button5_Click(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button5.Click
        If tampung1 = " " Then
            tampung1 = Button5.Text
            Button5.Enabled = False
        Else
            tampung2 = Button5.Text
            tukar()
            Button5.Text = tampung1
            kosong()
            guna()
        End If
        cek()
    End Sub

    Private Sub Button6_Click(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button6.Click
        If tampung1 = " " Then
            tampung1 = Button6.Text
            Button6.Enabled = False
        Else
            tampung2 = Button6.Text
            tukar()
            Button6.Text = tampung1
            kosong()
            guna()
        End If
        cek()
    End Sub

    Private Sub Button7_Click(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button7.Click
        If tampung1 = " " Then
            tampung1 = Button7.Text
            Button7.Enabled = False
        Else
            tampung2 = Button7.Text
            tukar()
            Button7.Text = tampung1
            kosong()
            guna()
        End If
        cek()
    End Sub

    Private Sub Button8_Click(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button8.Click
        If tampung1 = " " Then
            tampung1 = Button8.Text
            Button8.Enabled = False
        Else
            tampung2 = Button8.Text
            tukar()
            Button8.Text = tampung1
            kosong()
            guna()
        End If
        cek()
    End Sub

    Private Sub Button9_Click(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button9.Click
        If tampung1 = " " Then
            tampung1 = Button9.Text
            Button9.Enabled = False
        Else
            tampung2 = Button9.Text
            tukar()
            Button9.Text = tampung1
            kosong()
            guna()
        End If
        cek()
    End Sub
    Private Sub cek()
        If (Button1.Text = "A" And Button2.Text = "B" And Button3.Text = "C" And Button4.Text = "D") Then
            If (Button5.Text = "E" And Button6.Text = "F" And Button7.Text = "G") Then
                If (Button8.Text = "H" And Button9.Text = "I") Then
                    MessageBox.Show("Selesai")
                    Close()
                End If
            End If
        End If
    End Sub
End Class

Selengkapnya...

Senin, 07 Maret 2011

OpenSUSE Sebagai DHCP Server

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server. Sumber : Wikipedia.
Setting DHCP Server pada OpenSUSE sangat mudah dan proses konfigurasinya hanya membutuhkan 4 langkah singkat. Berikut adalah tahapannya:

INSTALASI
1. Buka YAST. Masukkan password root jika login sebagai user normal


2. Pilih menu Software | Software Management

3. Pada pilihan filter, pilih Pattern

4. Pilih DHCP & DNS Server. Berikan tanda centang pada pilihan yang ada
5. Klik Accept dan tunggu hingga instalasi selesai
6. Tutup YAST
KONFIGURASI
1. Buka YAST
2. Pilih menu Network Service | DHCP Server

3. Jika ada konfirmasi penggunaan Knetworkmanager, klik Continue
4. Pada wizard pertama, tentukan Network Card yang dijadikan sebagai jalur pemberian IP melalui DHCP. Pilih network card dan klik tombol Selec. Klik Next.

5. Pada wizard kedua, tentukan nama domain, alamat name server, gateway dll. Setelah selesai, klik Next.

6. Pada wizard ketiga, tentukan Alokasi IP Addres yang akan diberikan. Misalny, jika kita sudah memiliki cadangan IP statik (untuk keperluan server, Access Point dll) dari IP 192.168.200.1-192.168.200.100, maka kita bisa mendefinisikan IP Range 192.168.0.226-192.168.0.250

7. Terakhir, pilih apakah DHCP Server diaktifkan secara otomatis saat booting ataukah dijalankan secara manual. Untuk server sebaiknya tentukan agar berjalan secara otomatis pada saat booting.

Coba test salah satu klien untuk menggunakan IP DHCP dan check apakah DHCP Server mampu meresponnya dengan memberikan alokasi IP Address.
Selengkapnya...

Hukum Memelihara Jenggot

Pertanyaan:
Apakah memelihara jenggot wajib hukumnya atau hanya boleh? Apakah mencukurnya
berdosa atau hanya merusak Dien? Apakah mencukurnya hanya boleh bila disertai dengan
memelihara kumis?

Jawaban:
Mengenai pertanyaan-pertanyaan di atas, kami katakan, terdapat hadits yang shahih dari
Nabi –shollallaahu’alaihi wasallam- yang dikeluarkan oleh Imam al-Bukhari dan Muslim di
dalam kitab Shahih keduanya dari hadits Ibnu Umar –rodliallaahu’anhu-, dia berkata,
Rasulullah –shollallaahu’alaihi wasallam- bersabda,
“Selisihilah orang-orang musyrik; potonglah kumis (hingga habis) dan sempurnakan jenggot
(biarkan tumbuh lebat-penj.).” (Shahih al-Bukhari, kitab al-Libas (5892, 5893); Shahih
Muslim, kitab ath-Thaharah, (259))

Di dalam Shahih Muslim dari Abu Hurairah, dia berkata, Rasulullah –shollallaahu’alaihi
wasallam- bersabda (artinya), “Potonglah kumis dan biarkanlah jenggot memanjang,
selisihilah orang-orang Majusi.” (Shahih Muslim, kitab ath-Thaharah (260)).
Imam an-Nasa’i di dalam Sunannya mengeluarkan hadits dengan sanad yang shahih dari
Zaid bin Arqam, dia berkata, Rasulullah –shollallaahu’alaihi wasallam- bersabda,
“Barangsiapa yang tidak pernah mengambil dari kumisnya (memotongnya), maka dia
bukan termasuk dari golongan kami.” (Sunan at-Tirmidzi, kitab al-Adab (2761); Sunan an-
Nasa’i, kitab ath-Thaharah (13) dan kitab az-Zinah (5047)).
Al-’Allamah Besar dan al-Hafizh terkenal, Abu Muhammad bin Hazm berkata, “Para ulama
telah bersepakat bahwa memotong kumis dan membiarkan jenggot tumbuh adalah fardhu
(wajib).”
Hadits-hadits tentang hal ini dan ucapan para ulama perihal memotong habis kumis dan
memperbanyak jenggot, memuliakan dan membiarkannya memanjang banyak sekali, sulit
untuk mengkalkulasi kuantitasnya dalam risalah singkat ini.
Dari hadits-hadits di muka dan nukilan ijma’ oleh Ibnu Hazm diketahui jawaban terhadap
ketiga pertanyaan di atas, ulasan ringkas-nya; bahwa memelihara, memperbanyak dan
membiarkan jenggot memanjang adalah fardhu, tidak boleh ditinggalkan sebab Rasulullah
memerintahkan demikian sementara perintahnya mengandung makna wajib sebagaimana
firman Allah –subhanahu wata’ala- (artinya), “Dan apa yang dilarangnya bagimu maka
tinggalkanlah.” (Al-Hasyr: 7).
Demikian pula, menggunting (memotong) kumis wajib hukumnya akan tetapi memotong
habis adalah lebih afdhal (utama), sedangkan memperbanyak atau membiarkanya begitu
saja, maka tidak boleh hukumnya karena bertentangan dengan sabda Nabi
shollallaahu’alaihi wasallam.
Dari hal itu juga diketahui bahwa memperbanyak kumis dan membiarkannya
merupakan suatu perbuatan dosa dan maksiat. Demikian pula, mencukur jenggot dan
memotongya termasuk perbuatan dosa dan maksiat yang dapat mengurangi iman dan
memperlemahnya serta dikhawatirkan pula ditimpakannya ke-murkaan Allah dan
azabNya.
Di dalam hadits-hadits yang telah disebutkan di atas terdapat petunjuk bahwa
memanjangkan kumis dan mencukur jenggot serta memotongnya termasuk perbuatan
menyerupai orang-orang majusi dan orang-orang musyrik padahal sudah diketahui bahwa
menye-rupai mereka adalah perbuatan yang munkar, tidak boleh dilakukan berdasarkan
sabda Nabi –shollallaahu’alaihi wasallam-,
“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dari golongan mereka.”
(Sunan Abu Daud, kitab al-Libas (4031); Musnad Ahmad (5093, 5094, 5634)).
Saya berharap jawaban ini cukup dan memuaskan. Wallahu wa-liyyut taufiq. Washallallahu
wa sallam ‘ala Nabiyyina Muhammad wa alihi wa shahbih.

Rujukan:
Kumpulan Fatwa-fatwa, Juz III, hal. 362, 363 dari Syaikh Bin Baz.
Disalin dari buku Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 1, penerbit Darul Haq.
Selengkapnya...

Jumat, 04 Maret 2011

Latihan Pertemun 4


Public Class Form1

Private Sub ListBox3_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles ListBox3.SelectedIndexChanged

End Sub

Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
Dim a, b As Integer
For a = 2 To 6
ListBox1.Items.Add("*" & a)
ListBox1.Items.Add(a + 1)
Next
For b = 1 To Val(TextBox1.Text)
If b Mod 4 <> 0 Then
ListBox2.Items.Add(b)
End If
If b Mod 3 = 2 Then
ListBox3.Items.Add(b)
End If
Next
End Sub
End Class Selengkapnya...

Rabu, 02 Maret 2011

Mengenal Kelompok Ahmadiyah

JAI (Jemaat Ahmadiyah —Qadyan— Indonesia) dan GAI (Gerakan Ahmadiyah —Lahore— Indonesia); mereka sama-sama mengimani Tadzkirah (kitab suci Ahmadiyah, yang disebut kumpulan wahyu muqoddas —suci— yang diyakini sebagai wahyu dari Allah kepada Mirza Ghulam Ahmad).

Padahal inti kesesatannya yang sampai mereka dihukumi kafir, karena Mirza Ghulam Ahmad mengaku nabi dan rasul yang mendapatkan wahyu kemudian dikumpulkan dalam bentuk kumpulan wahyu yang dinamai Tadzkirah itu.

Segala kesesatan sampai Mirza Ghulam Ahmad mengaku nabi dan Rasul, bahkan mengaku kedudukannya sebagai anak Allah, atau bahkan MGA itu dari Allah, dan Allah itu dari MGA; semuanya ada di Tadzkirah, dan diyakini oleh Ahmadiyah Qadyan maupun Lahore. Itu adalah kemusyrikan yang nyata.

Ahmadiyah Lahore tidak mau menerima pemahaman bahwa kekhalifahan hanya dipegang oleh anak cucu Mirza Ghulam Ahmad. Maka sejak matinya Nuruddin Bairawi, Ahmadiyah pecah jadi dua, Qadyan dan Lahore. Basyiruddin memimpin JA (Jemaat Ahmadiyah) Qadyan sebagai Khalifah yang kedua menggantikan Nuruddin, sedang Muhammad Ali memimpin AL (Ahmadiyah Lahore).

Dari Basyiruddin dan selanjutnya seakan kekhalifahannya itu adalah kerajaan. Itulah perbedaannya antara Ahmadiyah Qadyan dan Lahore. Sebenarnya sama, hanya beda hal-hal yang seperti tersebut.

Keputusan Muktamar II Mujamma’ al-Fiqh al-Islami (Akademi Fiqih Islam) di Jeddah, Desember 1985 M tentang Aliran Qadiyaniyah, antara lain menyatakan bahwa aliran Ahmadiyah yang mempercayai Mirza Ghulam Ahmad sebagai nabi sesudah Nabi Muhammad SAW dan menerima wahyu adalah murtad dan keluar dari Islam karena mengingkari ajaran Islam yang qath'i dan disepakati oleh seluruh ulama Islam bahwa Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul terakhir.Teks Keputusan tersebut adalah sebagai berikut:

إِنَّ مَاادَّعَاهُ مِيرْزَا غُلاَم أَحْمَد مِنَ النُّبُوَّةِ وّالرِّسَالَةِ وَنُزُوْلِ الْوَحْيِ عَلَيْهِ إِنْكَارٌ صَرِيْحٌ لِمَا ثَبَتَ مِنَ الدِّيْنِ بِالضَّرُوْرَةِ ثُبُوْتًا قَطْعِيًّا يَقِيْنِيًّا مِنْ خَتْمِ الرِّسَالَةِ وَالنُّبُوَّةِ بِسَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ، وَأَنَّهُ لاَيَنْزِلُ وَحْيٌ عَلَى أَحَدٍ بَعْدَهُ، وَهذِهِ الدَّعْوَى مِنْ مِيرْزَا غُلاَم أَحْمَدَ تَجْعَلُهُ وَسَائِرَ مَنْ يُوَافِقُوْنَهُ عَلَيْهَا مُرْتَدِّيْنَ خَارِجِيْنَ عَنِ اْلإِسْلاَمِ، وَأَمَّا الَّلاهُوْرِيَّةُ فَإِنَّهُمْ كَالْقَادِيَانِيَّةِ فِي الْحُكْمِ عَلَيْهِمْ بِالرِّدَّةِ، بِالرَّغْمِ مِنْ وَصْفِهِمْ مِيرْزَا غُلاَم أَحْمَدَ بِأَنَّهُ ظِلٌّ وِبُرُوْزٌ لِنَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ.


"Sesungguhnya apa yang diklaim Mirza Ghulam Ahmad tentang kenabian dirinya, tentang risalah yang diembannya dan tentang turunnya wahyu kepada dirinya adalah sebuah pengingkaran yang tegas terhadap ajaran agama yang sudah diketahui kebenarannya secara qath'i (pasti) dan meyakinkan dalam ajaran Islam, yaitu bahwa Muhammad Rasulullah adalah Nabi dan Rasul terakhir dan tidak akan ada lagi wahyu yang akan diturunkan kepada seorangpun setelah itu. Keyakinan seperti yang diajarkan Mirza Ghulam Ahmad tersebut membuat dia sendiri dan pegikutnya menjadi murtad, keluar dari agama Islam. Aliran Qadyaniyah dan Aliran Lahoriyah adalah sama, meskipun aliran yang disebut terakhir (Lahoriyah) meyakini bahwa Mirza Ghulam Ahmad hanyalah sebagai bayang-bayang dan perpanjangan dari Nabi Muhammad SAW". (Keputusan Mujamma’ al-Fiqh al-Islami —Akademi Fiqih Islam— Organisasi Konferensi Islam (OKI) Nomor 4 (4/2) dalam Muktamar II di Jeddah, Arab Saudi, pada tanggal 10-16 Rabi' al-Tsani 1406 H / 22-28 Desember 1985 M).

Beda Ahmadiyah Qadyan, Ahmadiyah Lahore, dan Islam
Menurut penelitian M Amin Djamaluddin ketua LPPI (Lembaga Penelitian dan Pengkajian Islam mengenai Ahmadiyah di Indonesia sebagai berikut:

Dari segi keorganisasian, Jemaat Ahmadiyah Indonesia memiliki dua kelompok yang berbeda dengan keyakinan (aqidah) yang berbeda pula. Pertama, Jemaat Ahmadiyah Indonesia, kelompok ini biasa disebut dengan Ahmadiyah Qadiyan. Kedua, Gerakan Ahmadiyah Indonesia, biasa disebut Ahmadiyah Lahore.

Jemaat Ahmadiyah Indonesia (Ahmadiyah Qadiyan)
Kelompok Jemaat ini memiliki keyakinan bahwa:

1. Mirza Ghulam Ahmad a.s itu seorang nabi dan rasul.

2. Mirza Ghulam Ahmad a.s menerima wahyu.

3. Wahyu-wahyu tersebut diturunkan kepada Nabi Mirza Ghulam Ahmad di India.

4. Menurut buku putih mereka, wahyu-wahyu tersebut ditulis Nabi Mirza dan terpencar dalam delapan puluh enam buku (Buku Putih, Kami Orang Islam, PB JAI, 1983, hal. 140-141).

5. Wahyu-wahyu yang terpencar itu kemudian dikumpulkan menjadi sebuah buku bernama: Tadzkirah ya’ni wahyul muqoddas (Tadzkirah adalah: kumpulan wahyu-wahyu suci/sebuah kitab suci yaitu kitab suci Tadzkirah).

6. Mereka mempunyai kapling kuburan surga di Qadiyan (tempat kuburan nabi Mirza). Kelompok ini menjual sertifikat kuburan surga tersebut kepada jama’ahnya dengan mematok harga yang sangat mahal. (copian sertifikat kuburan surga di Rabwah, dari buku Ahmad Hariadi, Mengapa Saya Keluar dari Ahmadiyah Qadiyani, Rabithah Alam Islami, Makkah Mukarramah, 1408H/1988M, hal, 64-65).

7. Qadiyan dan Rabwah bagi mereka adalah sebagai tempat suci.

Gerakan Ahmadiyah Indonesia (Ahmadiyah Lahore)
Kelompok Jemaat ini memiliki keyakinan bahwa:

1. Mirza Ghulam Ahmad a.s itu seorang mujaddid (pembaharu) Islam.

2. Mirza Ghulam Ahmad a.s muhaddats (orang yang berbicara dengan Allah secara langsung).

3. Mirza Ghulam Ahmad a.s menerima wahyu. Adapun wahyu yang diterima Mirza merupakan potongan-potongan dari ayat Al Qur’an. Penurunan ayat yang sepotong-sepotong itu bukan berarti membajak ayat Al Qur’an. Menurut keyakinan mereka “Itu bukan urusan Mirza Ghulam Ahmad, tetapi urusan Allah”. (PB GAI, Agustus 2002, hal. 13).

4. Seluruh wahyu-wahyu yang diterima Mirza Ghulam Ahmad itu adalah betul-betul wahyu yang datang dari Allah SWT.

Ahmadiyah berbeda jauh dengan Islam

Islam sebagai agama satu-satunya yang diridhoi-Nya, bukan pendapat manusia, tetapi Allah Subhanahu wa Ta’ala sendiri yang mengatakannya.

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ


Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam. (QS. Ali ‘Imran [3] : 19).
• وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ(85)

Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi. (QS Ali ‘Imran [3] : 85).

Nabi Muhammad SAW menjelaskan secara gambling:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ قَالَ « وَالَّذِى نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لاَ يَسْمَعُ بِى أَحَدٌ مِنْ هَذِهِ الأُمَّةِ يَهُودِىٌّ وَلاَ نَصْرَانِىٌّ ثُمَّ يَمُوتُ وَلَمْ يُؤْمِنْ بِالَّذِى أُرْسِلْتُ بِهِ إِلاَّ كَانَ مِنْ أَصْحَابِ النَّارِ ».


Diriwayatkan dari Abu Hurairah dari Rasulullah saw bahwa beliau bersabda: “Demi Dzat yang jiwa Muhammad ada di tanganNya, tidaklah seseorang dari Ummat ini yang mendengar (agama)ku, baik dia itu seorang Yahudi maupun Nasrani, kemudian dia mati dan belum beriman dengan apa yang aku diutus dengannya, kecuali dia termasuk penghuni neraka.” (Hadits Riwayat Muslim bab Wujubul Iimaan birisaalati nabiyyinaa saw ilaa jamii’in naasi wa naskhul milal bimillatihi, wajibnya beriman kepada risalah nabi kita saw bagi seluruh manusia dan penghapusan agama-agama dengan agama beliau).

Dalam penerapan agama itu maka tidak ada pilihan lain lagi, apabila Allah dan rasul-Nya telah menentukan sesuatu.
وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا مُبِينًا


Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mu'min dan tidak (pula) bagi perempuan yang mu'min, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata. (QS. Al-Ahzaab [33] : 36)
إِنَّمَا كَانَ قَوْلَ الْمُؤْمِنِينَ إِذَا دُعُوا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ أَنْ يَقُولُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ


Sesungguhnya jawaban orang-orang mu'min, bila mereka dipanggil kepada Allah dan rasul-Nya agar rasul menghukum (mengadili) di antara mereka ialah ucapan." "Kami mendengar dan kami patuh." Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung. (QS. An-Nuur [24] : 51)

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلكِنْ رَّسُوْلَ اللهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّيْنَ، وَكَانَ اللهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا

“Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi; dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu” (QS. Al-Ahzab [33]: 40)
وَأَنَّ هذَا صِرَاطِيْ مُسْتَقِيْمًا فَاتَّبِعُوْهُ وَلاَ تَتَّبِعُوْا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيْلِهِ، ذلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ


“Dan bahwa (yang Kami perintahkan) ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia; dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu menceraiberaikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertakwa” (QS. Al-An’am [6] : 153)

يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا عَلَيْكُمْ أَنْفُسَكُمْ لاَ يَضُرُّكُمْ مَنْ ضَلَّ إِذَا اهْتَدَيْتُمْ … (المائدة : 105)


“Hai orang-orang yang beriman! Jagalah dirimu, tiadalah orang yang sesat itu akan memberi madharat kepadamu apabila kamu telah mendapat petunjuk…” (QS. al-Ma’idah [5] : 105)

Hadits Nabi shallallahu ‘alahi wasallam.; a.l.:

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ ، لاَنَبِيَّ بَعْدِيْ (رواه البخاري(

Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada nabi sesudahku.” (HR. Bukhari).

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ الرِّسَالَةَ وَالنُّبُوَّةَ قَدِ انْقَطَعَتْ، فَلاَ رَسُوْلَ بَعْدِيْ وَلاَ نَبِيَّ


Rasulullah SAW bersabda: “Kerasulan dan kenabian telah terputus; karena itu, tidak ada rasul maupun nabi sesudahku” (HR. Tirmidzi)

Mengenai berbagai betapa sesatnya Ahmadiyah dan adanya kelompok-kelompok yang mengaku Islam namun justru membela aliran sesat Ahmadiyah dapat dibaca di buku Kyai kok Bergelimang Kemusyrikan, karya Hartono Ahmad Jaiz dkk, Pustaka Nahi Munkar, Jakarta-Surabaya, 2008, atau cetakan edisi lux yang terbit di Saudi Arabia dan beredar di berbagai kota di sana.

Di antara kesesatan Ahmadiyah selain meyakini Mirza Ghulam Ahmad sebagai nabi adalah memalsu dan memlesetkan ayat. Contohnya, Ahmadiyah memelestkan ayat tabbat yadaa abi lahab. Lanjutannya bukan maa aghnaa ‘anhu maaluhuu wamaa kasab, tetapi maa kaana lahuu an yadkhula fiihaa illaa khaaifaa (Dia tidak masuk ke dalamnya —neraka— kecuali dengan rasa takut).

Masih banyak ayat-ayat yang dipalsukan, dijelaskan dalam buku itu, di samping aliran-aliran sesat lainnya dengan aneka penyesatannya pula.

Seakan buku itu sebagai lanjutan dari buku Aliran dan Paham Sesat di Indonesia yang membincang berbagai corak aliran sesat.

Hartono Ahmad Jaiz, penulis buku Nabi-nabi Palsu dan Para Penyesat Umat(eramuslim.com)
Selengkapnya...