Jumat, 25 Februari 2011

Objek, Properties, dan Event pada Visual Basic

Cara belajar penggunaan Objek.
Setiap objek dalam Visual Basic memiliki properti, metode, dan event. Di
dalam Visual Basic, sebuah data objek ( Setting atau atributnya ) dihubungkan
dalam sebuah properti, dan beberapa prosedur yang dioperasikan dalam objek
dihubungkan dalam sebuah metode. Sedangkan event adalah sebuah pengaturan aksi yang ada pada sebuah objek, misalnya mengklik sebuah mouse atau menekan tombol keyboard kita dapat menuliskan kode untuk merespon event yang ada. Kita juga bisa
menentukan karakteristik objek dengan mengubah propertinya. Sebuah objek juga memiliki metode. Metode merupakan bagian objek seperti halnya dengan properti. Sebenarnya, Metode adalah aksi yang akan dilakukan, saat atribut kita atur atau kita panggil.

Cara belajar penggunaan properties.
Properties merupakan suatu bagian / rangkaian penyusun dari sebuah objek, setiap penggunaan objek pasti selalu diikuti dengan propertiesnya. Kita dapat mempelajari cara penggunaan properties dengan dengan beberapa cara. Kita dapat mengisi / mengetikan secara langsung properties yang kita inginkan, namun ada juga properties yang telah menyediakan opsi – opsi atau pilihan yang berbentuk list box sehingga kita hanya tinggal memilih diantara opsi –opsi tersebut. Kita dapat melakukan percobaan terhadap tiap – tiap properties lalu kita amati pula perubahan yang terjadi pada objeknya. Tidak setiap objek memiliki properties yang sama, ad beberapa properties yang tidak dimiliki oleh objek – objek yang lainnya.

Cara Belajar Event
Event adalah suatu kejadian terhadap objek pada saat tertentu. Seperti dengan penekanan tombol keyboard, mengklik objek dan lain sebagainya. Diantara jenis – jenis event adalah event untuk mouse (contoh: click, double click, dll), Event untuk keyboard (KeyUp, KeyDown), event untuk peubahan. Kita dapat mngetikkan kode dari event yang kita inginkan pada window kode editornya.


Rangkuman Pertemuan II (18/02/2011)
 Variabel Public Adalah variabel variabel dimana nama variabelnya dapat diakses atau dibaca dalam semua form atau program, namun masih dalam satu project.
 Variabel General Adalah variabel yang dapat digunakan hanya dalam form atau kelas yang sama.
 Variabel Lokal Adalah variabel yang hanya dapat digunakan dalam ruang lingkup tempatnya berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar